My Muse

Senin, 13 Maret 2017

Analisis Jaringan Web Gunadarma

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakanInternet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Kali ini saya akan mencoba menganalisi jaringan internet ke salah satu web di universitas gunadarma. Saya mengambil web vitual lepkom gunadarma (http://studentsite.gunadarma.ac.id/). Untuk menganalisanya saya melakukannya dalam beberapa langkah yaitu dengan cara:
  1. Mengecek koneksi dari jaringan internet dari komputer saya
  2. Mengecek host
  3. Mengecek traffic
  4. Mengecek ping
Pertama : Mengecek koneksi jaringan menggunakan speedtest.net. (disini saya menggunakan jaringan 4G indosat)

Kedua : Mengecek host, dari studentsite (202.125.94.165) ke ip Address saya (172.168.0.104). 


Ketiga : Mengecek Traffic





Keempat : Mengecek ping


Kesimpulan :
Dari data yang tersebut saya simpulan bahwa web studentsite.gunadarma.ac.id yang diakses dari jaringan 4G indosat tidak ada gangguan, hampir semua pengunjung yang mengakses web lepkom berasal dari indonesia dan bisa dikatakan bahwa web studentsite sudah baik dalam mengakses internet. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar