My Muse

Jumat, 02 Juni 2017

Peng. Animasi & Desain Grafis : Animasi

Sejarah Animasi

Keinginan manusia untuk membuat gambar atau santiran (image) yang hidup dan bergerak sebagai pantara dari pengungkapan (expression) mereka, merupakan perwujudan dari bentuk dasar animasi yang hidup berkembang. Kata animasi itu sendiri sebenarnya penyesuaian dari kata animation, yang berasal dari kata dasar to animate, dalam kamus umum Inggris-Indonesia berarti menghidupkan (Wojowasito 1997). Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati; Suatu benda mati diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup.

Sebenarnya, sejak jaman dulu, manusia telah mencoba menganimasi gerak gambar binatang mereka, seperti yang ditemukan oleh para ahli purbakala di gua Lascaux Spanyol Utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih; Mereka mencoba untuk menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng,bison atau kuda, digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk (Hallas and Manvell 1973:23).

Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958:8). Lukisan Jepang kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan lukisan, dibuat pada masa Heian(794-1192) (ensiklopedi Americana volume 19, 1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978:18).

Hingga di tahun 1880-an, Jean Marey menggunakan alat potret beruntun merekam secara terus menerus gerak terbang burung, berbagai kegiatan manusia dan binatang lainnya. Sebuah alat yang menjadi cikal bakal kamera film hidup yang berkembang sampai saat ini. Dan di tahun 1892, Emile Reynauld mengembangkan mainan gambar animasi ayng disebut Praxinoscope, berupa rangkaian ratusan gambar animasiyang diputar dan diproyeksikan pada sebuah cermin menjadi suatu gerak film, sebuah alat cikal bakal proyektor pada bioskop (Laybourne 1978:23).

Kedua pemula pembuat film bioskop, berasal dari Perancis ini, dianggap sebagai pembuka awal dari perkembangan teknik film animasi (Ensiklopedi AmericanavoLV1,1976:740). Sepuluh tahun kemudian setelah film hidup maju dengan pesat-nya di akhir abad ke 19. Di tahun 1908, Emile Cohl pemula dari Perancis membuat film animasi sederhana berupa figure batang korek api. Rangkaian gambar-gambar blabar hitam(black-line) dibuat di atas lembaran putih, dipotret dengan film negative sehingga yang terlihat figur menjadi putih dan latar belakang menjadi hitam.

Sedangkan di Amerika Serikat Winsor McCay (lihat gambar disamping) membuat film animasi “Gertie the Dinosaur” pada tahun 1909. Figur digambar blabar hitam dengan latar belakang putih. Menyusul di tahun-tahun berikutnya para animator Amerika mulai mengembangkan teknik film animasi di sekitar tahun 1913 sampai pada awal tahun 1920-an; Max Fleischer mengembangkan “Ko Ko The Clown” dan Pat Sullivan membuat “Felix The Cat”. Rangkaian gambar-gambar dibuat sesederhana mungkin, di mana figure digambar blabar hitam atau bayangan hitam bersatu dengan latar belakang blabar dasar hitam atau dibuat sebaliknya. McCay membuat rumusan film dengan perhitungan waktu, 16 kali gambar dalam tiap detik gerakan.

Fleischer dan Sullivan telah memanfaatkan teknik animasi sell, yaitu lembaran tembus pandang dari bahan seluloid (celluloid) yang disebut “cell”. Pemula lainnya di Jerman, Lotte Reineger, di tahun 1919 mengembangkan film animasi bayangan, dan Bertosch dari Perancis, di tahun 1930 membuat percobaan film animasi potongan dengan figure yang berasal dari potongan-potongan kayu. Gambar berikut adalah tokoh “Gertie The Dinosaurs”, dan “Felix the Cat”

George Pal memulai menggunakan boneka sebagai figure dalam film animasi pendeknya, pada tahun 1934 di Belanda. Dan Alexsander Ptushko dari Rusia membuat film animasi boneka panjang “The New Gulliver” di tahun 1935. Di tahun 1935 Len Lye dari Canada, memulai menggambar langsung pada film setelah memasuki pembaharuan dalam film berwarna melalui film”Colour of Box”. Perkembangan Teknik film animasi yang terpenting, yaitu di sekitar tahun 1930-an. Dimana muncul film animasibersuara yang dirintis oleh Walt Disney dari Amerika Serikat, melalui film”Mickey Mouse”, “Donald Duck” dan ” Silly Symphony” yang dibuat selama tahun 1928 sampai 1940.

Pada tahun 1931 Disney membuat film animasi warna pertama dalam filmnya “Flower and Trees”. Dan film animasi kartun panjang pertama dibuat Disney pada tahun 1938, yaitu film “Snow White and Seven Dwarfs”. Demikian asal mula perkembangan teknik film animasi yang terus berkembang dengan gaya dan ciri khas masing-masing pembuat di berbagai Negara di eropa, di Amerika dan merembet sampai negara¬negara di Asia. Terutama di Jepang, film kartun berkembang cukup pesat di sana, hingga pada dekade tahun ini menguasai pasaran film animasi kartun di sini dengan ciri dan gayanya yang khas.

Pengertian Animasi

Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.

Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah gerakan. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

Jenis-jenis animasi

1. 2D animation
adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer. teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling lama usianya. Teknikanimasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar trasparan) yang berlapis-lapis. karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang nanti akan di pindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.

Teknik animasi 2D komputer adalah teknik animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.
Contohnya: tom and jerry, atau mickey mouse, donald duck, crayon sinchan, naruto, dll. semua itu dibuat dengan menggunakan teknik manual/tradisional.

2. 3D animation.
Disebut tiga dimensi karena jenis ini memiliki sifat kedalaman/ruang pada objeknya. Secara sepintas kita akan mudah mengenali film animasidengan jenis tiga dimensi ini. karena bentuknya yang halus, pencahayaan yang lebih rill dan kesan ruang yang lebih terasa. Semua itu bisa dilakukan karena dibantu dengan teknologi komputer masa kini yang sudah canggih. dalam jenis animasi ini objek yang akan dianimasikan bisa dilihat dari semua sudut/sisinya. seperti halnya boneka sungguhan namun objek dibuat secara digital dengan menggunakan software khusus.
Contohnya diantaranya adalah: finding nemo, toy story, shrek, trasformer, dll

3. Stop motion animation.
adalah teknik animasi yang menggabungkan teknologi fotografi dengan animasi. media yang digunakan bisa bermacam-macam. misalnya boneka, kertas, gambar dikertas, gambar di papan tulis, lilin/malam, dll. semua objek itu bisa dijadikan sebagai objek animasi yang nantinya akan di foto tiap gerakannya. Nah dengan teknik ini kita bisa saja membuat animasi tanpa harus memiliki kemampuan menggambar. Lho kok bisa? bisa saja, kita siapkan saja boneka atau robot-robotan yang kemudian digerakkan sedikit-demi sedikit sambil difoto pergerakan. Dan tentunya dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran tingkat tinggi, seperti halnya jenis animasi lainnya.
Contohnya : shaun the sheep, nightmare before chrismast

Teknik pembuatan animasi

1.       Animasi Cel
Animasi cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi.Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. Contoh : Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.

2.       Animasi Frame.
Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh : ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.

3.        Animasi Sprite
Pada animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak sepertianimasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite. Contoh : animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director.

4.       Animasi Path.
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh : animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.

5.       Animasi Spline
Pada animasi spline, animasi dari objek bergerak mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi perhitungan matematis. Hasil gerakan animasi ini lebih halus dibandingkan dengan animasi path. Contoh : animasi kupu-kupu yang terbang dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknikanimasi script, teknik ini menggunakan action script yang membangkitkan sebuah lintasan berbentuk kurva dari persamaan matematis.

6.       Animasi vector
Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, perbedaannya hanya terletak pada gambar yang digunakan dalam objek sprite-nya. Padaanimasi sprite, gambar yang digunakan adalah gambar bitmap, sedangkan animasi vektor menggunakan gambar vektor dalam objek sprite-nya. Penggunaan vektor ini juga mengakibatkan ukuran file animasi vektor menjadi lebih kecil dibandingkan dengan file animasi sprite.

7.       Morphing
Morphing adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dalam Macromedia Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening shape.

8.       Animasi Clay
Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh : film Chicken Run dari Dream Work Pictures. Teknik animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.

9.       Animasi Digital
Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi.

10.   Animasi Karakter
Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation (Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya). Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Ada juga beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut. Contoh : film Finding Nemo, Toy Story dan Moster Inc.



Referensi :

Minggu, 16 April 2017

Desain Logo Pribadi

Kali ini saya membuat logo yang berhubungan dengan diri pribadi saya. Dalam logo ini ada beberapa aspek yang harus diketahui yaitu : 

Latar Belakang
Target
Keyword
Key Message
Key visual
      Mahasiswa Gunadarma yang hobi Motovlog
Logo untuk kalangan semua usia
·       Motovlog
Learn By doing
·     Inisial Nama dan gambar motor



Dari logo tersebut gambar sebuah motor itu menandakan saya meyukai motor

Tulisan “MRP”  adalah inisial nama saya MUHAMMAD ROIS PURNA, sedangkan “Motovlog” menandakan saya seorang yang hobi vlog dengan motor. Warna belakang saya gunakan yaitu hitam dan beberapa warna biru. It’s a simple for me

Aplikasi untuk membuat logo seperti ini, saya menggunakan Adobe Photoshop CS6 dengan beberapa tools yang saya gunakan seperti berikut :
  • Polygon Tool digunakan untuk membuat bentuk poligon
  • Line Tool digunakan untuk membuat bentuk garis
  • Costume Shape Tool digunakan untuk membuat aneka macam bentuk seperti panah, mobil, double lingkaran dll.
  • Horizontal Type Tool digunakan untuk membuat teks secara horizontal. 
  • Brush Tool digunakan untuk melukis foto atau gambar dengan goresan kuas berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
  • Gradient Tool digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan dua warna atau lebih. Gradient ini juga memiliki beberapa pengaturan dan tipe untuk menghasilkan efek perpaduan warna yang sesuai dengan keinginan.


Senin, 20 Maret 2017

DESAIN GRAFIS

Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. 

Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Bagi sebagian orang mungkin tidak asing dengan kata Desain Grafis dan DKV (Desain Komunikasi Visual), namun terkadang kita sulit membedakannya bahkan dipikiran beberapa orang kedua hal tersebut adalah sama, intinya yah menggambar, poster, brosur, Photoshop, CorelDRAW dan aplikasi-aplikasi grafis lainnya.

Namun, pada dasarnya kedua hal tersebut memiliki beberapa perbedaan yang harus anda ketahui, apalagi jika anda sedang memilih “Kursus Desain Grafis” atau “Kuliah Jurusan DKV” ? Begini perbedaanya.

Apa itu Desain Grafis?
Desain Grafis berasal dari dua kata, Desain dan Grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, danGrafis adalah ilmu merancang titik atau garis menjadi sebuah bentuk yang berhubungan dengan percetakan. Jadi Desain Grafis adalah ilmu merancang titik dan garis menjadi sebuah bentuk untuk tujuan percetakan yang berlandaskan kreatiftias. 

Apa itu DKV?
Desain Komukasi Visual atau biasa disebut dengan DKV berasal dari tiga kata yaitu Desan, Komunikasi dan Visual. Jika dijabarkan maka Desain berkaitan dengan perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, Komunikasi adalah ilmu menyampaikan pesan, dan Visual adalah objek yang dapat dilihat. Jadi DKV adalah ilmu mempelajari konsep komunikasi dalam menyampaikan pesan secara visual melalui media yang berlandaskan kreatiftias. 

Lalu, Apa perbedaanya?
Dari pengertian diatas kita dapat simpulkan jika cangkupan DKV itu lebih luas karena desain grafis hanya bersifat dua dimensi yang hasil akhirnya adalah dicetak seperti poster, famplet atau komik. Sedangkan hasil dari DKV adalah poster, famplet, komik, 3D, animasi, video, sampai dengan ilmu periklanan (komunikasi). Dengan kata lain, desain grafis masih dalam cangkupan atau bagian dari DKV.

1. Logo Wordmark / Logotype
Jenis logo ini merupakan sebuah logo yang menggunakan teks langsung dalam logonya sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah perusahaan, teks dalam logo bisa berupa singkatan atau nama perusahaan / brand yang diusung secara langsung.
berikut adalah beberapa perusahaan yang menggunakan jenis logo ini :


2. Logo Pictorial
Atau dikenal juga dengan Logomark, Pada dasarnya jenis logo ini menggunakan gambar/simbol tanpa ada peggunaan teks, namun dalam beberapa kasus teks juga digunakan namun hanya sebagai penguat, penjelas atau pendukung dari logo utamanya. Dibutuhkan kreatifitas dan profesionalitas yang tinggi untuk membuatnya dimana logo tidak hanya menjadi sebuah gambar namun mempunyai makna dan filosofi yang erat dengan perusaan / brand yang diusung.
Beberapa contoh perusahaan dan produk yang menggunakan jenis Logo Pictorial :


3. Logo Abstract Mark
Berbeda dengan logo pictorial, jika logo pictorial menggunakan gambar/simbol maka logo ini menggunakan shape(bentuk) abstrak sebagai logo utama dan menggunakan teks sebagai pendukung. Namun tidak sembarang bentuk, bentuk abstrak yang dipakai dalam jenis logo ini memiliki makna ataau arti filosofis tersendiri.
Pertamina adalah salah satu perusahaan yang menggunakan jenis logo ini, dan banyak lagi perusahaan / produk yang menggunakan jenis logo ini, perhatikan contoh gambar dibawah :


4. Logo Letter Mark
Bisa dibilang logo ini adalah kebalikan dari Logo Abstract Mark dimana dalam logo ini menggunakan huruf atau inisial sebagai logo utama dan tambahan shape(bentuk) atau gambar sebagai elemen pendukungnnya.
Logo jenis ini juga sering kita temui seperti contoh beberapa brand / perusahaan dibawah ini :


5. Logo Emblem
Logo ini pada dasarnya memiliki sebuah elemen/objek yang berisi sebuah simbol atau teks di dalammnya(seperti emblem), logo ini biasa digunakan oleh organisasi atau klub, namun tak jarang juga ada perusahaan yang memakai jenis logo ini seperti contoh dibawah ini :



6. Logo Character
Logo Character merupakan sebuah logo yang memakai karakter mahluk hidup (bisa hewan atau tokoh) atau karakter lain sebagai elemen utama logonya, dan di tambah dengan teks atau inisial sebagai unsur pendukungnya.
Kita bisa ambil contoh dari beberapa logo perusahaan seperti DreamWork, KFC, WWF, Michelin dan lainnya :






Referensi :
http://teoridesain.com/2016/05/pebedaan-dkv-dan-desain-grafis.html
http://www.jagodesain.com/2016/08/jenis-logo-dalam-desain.html


Senin, 13 Maret 2017

Analisis Jaringan Web Gunadarma

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakanInternet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Kali ini saya akan mencoba menganalisi jaringan internet ke salah satu web di universitas gunadarma. Saya mengambil web vitual lepkom gunadarma (http://studentsite.gunadarma.ac.id/). Untuk menganalisanya saya melakukannya dalam beberapa langkah yaitu dengan cara:
  1. Mengecek koneksi dari jaringan internet dari komputer saya
  2. Mengecek host
  3. Mengecek traffic
  4. Mengecek ping
Pertama : Mengecek koneksi jaringan menggunakan speedtest.net. (disini saya menggunakan jaringan 4G indosat)

Kedua : Mengecek host, dari studentsite (202.125.94.165) ke ip Address saya (172.168.0.104). 


Ketiga : Mengecek Traffic





Keempat : Mengecek ping


Kesimpulan :
Dari data yang tersebut saya simpulan bahwa web studentsite.gunadarma.ac.id yang diakses dari jaringan 4G indosat tidak ada gangguan, hampir semua pengunjung yang mengakses web lepkom berasal dari indonesia dan bisa dikatakan bahwa web studentsite sudah baik dalam mengakses internet. 



Jumat, 06 Januari 2017

PROBABILISTIC REASONING

Reasoning berarti mengambil suatu keputusan atas suatu alasan atau sebab tertentu. Reasoning sendiri ada 2 jenis yaitu logical reasoning dan probabilisticreasoning. Salah satu kelebihan probabilistic reasoning dibandingkan logical reasoning adalah kemampuannya untuk mengambil keputusan yang rasional, walaupun informasi yang diolah kurang lengkap atau mengandung unsur ketidakpastian. Pada artikel ini, akan dibahas tentang Probabilistic Reasoning atau Ketidakpastian.
Probabilistic Reasoning adalah suatu yang memiliki kemampuan mengambil keputusan yang rasional walaupun informasi yang akan diolah kurang lengkap atau bersifat nonlinier. Probabilistic Reasoning merupakan salah satu dari metode Soft Computing selain Fuzzy Logic dan Neural Network. Ketiga metode ini merupakan tiang penyanggah bagi soft computing yang saling melengkapi dan bekerjasama dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Jadi kekurangan dari satu metode akan ditutupi oleh kelebihan metode yang lain.

Tiga kategori dari Probabilistic Reasoning :
1.      Teori Chaos
Teori chaos memiliki implikasi yang luas dalam analisis pengambilan keputusan. Teori chaos memberi pengertian bahwa suatu aksi sekecil pun dapat berimplikasi pada suatu akibat yang besar. Teori chaos juga memberikan pengertian bahwa dalam pengambilan keputusan senantiasa dihadapkan pada suatu potensi ketidakteraturan dan ketidakpastian sehingga batasan-batasan metode pengambilan keputusan tradisonal tidak mencukupi lagi. Teori chaos menuntut perubahan model mental yang sama sekali baru dan kreatif dari sang pengambilan keputusan. Sistem pintar dan kecerdasan berupaya mengantisipasi aspek ketidakpastian dan ketidakteraturan tersebut dengan mengadopsi logika berpikir manusia ke dalam mesin komputer. Dengan sistem pintar, suatu perangkat komputer dapat menganalisis suatu sistem permasalahan dan melakukan pengambilan keputusan.

2.      Belief Networks
Belief Networks (BN) adalah penalaran kausal, dimana BN telah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. BN sekarang ini menjadi andalan dalam bidang penelitian Flu Burung yang dikenal sebagai penalaran pasti. BN sendiri didasarkan pada hukum-hukum probabilitas.

3.      Genetic Algorithm <GA>
GA diperkenalkan oleh John Holland pada pertengahan tahun 70-an. GA adalah metode komputasi yang meniru proses evolusi dan seleksi alam. Metode ini sering dimanfaatkan untuk mencari nilai optimal suatu fungsi/permasalahan.
            
Beberapa keunggulan yang dimilki oleh GA adalah sebagai berikut :
  • GA memiliki kemampuan untuk mencari nilai optimal secara parallel, melalui kerjasama antara berbagai unit yang disebut kromosom individu.
  • GA tidak memerlukan perhitungan matematika yang rumit seperti diferensial yang diperlukan oleh algoritma optimisasi yang lain.
Namun demikian GA memiliki juga kelemahan dan keterbatasan:
  • Tidak memiliki rumusan yang pasti, bagaimana mentransfer parameter permasalahan ke dalam kode genetik. Dengan kata lain, hal ini memerlukan pengalaman dan wawasan dari desainer.
  • Banyak parameter yang perlu diset secara baik agar proses evolusi dalam GA berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  • Penentuan rumus menghitung fitness merupakan hal yang sangat penting dan mempengaruhi proses evolusi pada GA. Sayangnya tidak ada prosedur yang baku bagaimana menentukan rumus tsb. Dalam hal ini pengalaman dari desainer memegang peranan penting. Terlepas dari kendala yang ada, GA merupakan alternatif solusi yang dikenal cukup handal dalam berbagai masalah optimisasi.      
Contoh dari Probabilistic Reasoning adalah Kasus Penyakit Ginjal.


Referensi
http://rosyid.lecturer.pens.ac.id/KTI%20(softcomputing)/anto-softcomputing.pdf

Senin, 12 Desember 2016

[REVIEW FILM 2011] REAL STEEL


Pembukaan

Artikel kali ini akan membahas tentang salah satu film paling hits di tahun 2011, yaitu film Real Steel. Film yang membahas tentang kehidupan seorang manta petinju profesional yang harus pensiun karena jaman yang sudah berubah. Simak ulasannya di bawah ini.

Alur Cerita
Charles Kenton (Hugh Jackman), atau yang biasa dipanggil Charlie, adalah seorang mantan petinju profesional. Sayang sekali masa kejayaannya harus punah akibat perkembangan jaman. Pada tahun 2020, banyak perkerjaan manusia yang harus digantikan oleh robot, termasuk olah raga tinju. Pertunjukan tinju antar robot ini rupanya lebih menarik dari pertunjukan tinju manusia. Charlie yang hanya mantan seorang petinju dan tidak memiliki keahliah lain, terpaksa harus terus bertarung meski tanpa masuk ke dalam ring. Ya, dia terjun ke dunia ‘Robot Boxing’ sebagai pengendali robot petarung.

Sifat Charlie yang sombong, sembrono dan keras kepala membuatnya tidak pernah mulus menjalani karir barunya tersebut. Berkali-kali ia kalah dan membuatnya terlilit hutang yang banyak. Namun  Charlie tidak punya pilihan lain, dia harus tetap bertarung. Sebuh Gym tempat biasanya ia berlatih tinju, terpaksa harus segara disita jika Charlie tidak segera membayar pajak yang sudah bertahun-tahun tidak dibayar. Dia pun menyadari kalau dunianya sebentar lagi hancur.
Situasi berubah ketika akhirnya ia harus menghadiri sebuah persidangan mengenai hak asuh anak bernama Max Kenton (Anak kandungnya yang tak pernah ia temui. Max yang masih berumur sebelas tahun tentu saja belum bisa untuk hidup mandiri secara financial, dia butuh diasuh oleh kedua orang tuanya. Charlie yang jelas orang miskin, jelas tidak mau melakukan hal tersebut, dia malah bermaksud untuk menyerahkan anaknya ke panti asuhan. Namun Debra, bibi Max, tidak mau keponakannya terlantar. Debra ingin mengasuh Max, karena secara financial ia dan suami kaya rayanya, mampu menghidupi Max sampai dewasa.
Charlie melihat suatu peluang besar untuk mendapatkan uang dari suami Debra. Charlie berjanji memberikan hak asih penuh kepada Bibi Debra, dengan syarat Marvin (suami kaya Debra) harus menyerahkan uang sebesar $100.000 kepadanya. Namun ia akan meminta untuk Max tinggal sementara dengannya, tujuannya agar max tidak berfikiran bahwa Charlie membuangnya. Namun dalam tempo dekat rupanya Max mengetahui ide licik Charlie, dia pun meminta setengah bagian dari uang yang diberikan kepada Charlie.
Pertemuan Charlie dengan anak kandungnya ternyata membawanya perlahan ke gerbang kesuksesan sebagai pengendali robot. Awalnya Charlie dan Max tidak terlihat seperti ayah dan anak. Sikap yang ditunjukan Charlie terhadap anaknya pun seperti robot, dingin dan tak berperasaan. Dan Max yang diperankan oleh Dakota Goyo, menunjukan sikap yang sama. Mereka sama-sama keras kepala dan tak mau diatur. Hingga pada akhirnya mereka menemukan Atom, dari situlah petualangan mereka dimulai. Pertempuran demi pertempuran mereka lakukan bersama hingga terjalin ikatan yang kuat antara ayah dan anak.
Ulasan Inti Cerita

Shawn Levy, sutradara dari film Real Steel, rupanya sudah berhasil  memadukan antara film drama, sci-fi dan action. Siapa yang sangka bahwa film tentang pertarungan robot berujung pada kisah drama epic keluarga antara ayah dan anak. Melihat film ini saya jadi teringat dengan masa kecil saya. Sosok seorang ayah memang selalu menjadi idola pertama bagi anak-anaknya, terutama anak laki-laki.
Seorang ayah, meskipun terlihat dingin dan tak berperasaan, tapi di dalam hatinya ia sangat menyayangi anaknya. Ini ditunjukan di adegan akhir, saat Charli ingin mengungkapkan rasa cintanya yang besar terhadap anaknya dengan terbata-bata. Dan jawaban Max, memang tepat, “your secret save with me”. Bahwa perasaan cinta antara ayah dan anak laki-lakinya memang tak harus diungkapkan dengan kata-kata, tapi dengan tindakan. Charlie berhasil menunjukannya dengan bertarung sekuat tenaga melawan Zeus, robot terkuat di dunia tinju robot.
Adegan terbaik di film ini memang terletak di akhir, yaitu saat Atom melawan Zeus. Meski Atom hanyalah robot sampah yang terbuang, tapi di tangan Charlie dan Max, robot ini seperti hidup dan mewakili semangat Max dan Charlie. Itulah yang membuat Atom bertahan selama belasan Ronde saat melawan Zeus.
Hingga akhirnya Atom jatuh dan sistem penerima sensor dengarnya rusak, membuatnya tak bisa melanjutkan pertarungan. Tapi, Max tak ingin menyerah, ia tahu bahwa Atom masih sanggup bertarung dengan menggunakan sensor gerak. Max meminta Charlie untuk memimpin gerak bertarung Atom. Awalnya Charlie tidak mau, tapi atas bujukan anaknya, ia pun mau bertarung demi anaknya. Dan adegan paling so sweet antara Ayah dan Anak pun dimulai. Saya tidak akan menceritakannya sampai anda menonton sendiri ceritanya. Yang jelas, dari sini anda akan tahu siapa baja terkuat yang sebenarnya.

Pesan positif yang dapat diambil dalam film ini:
1. Pantang menyerah
Atom, robot yang di temuin Max Kenton di tempat pembuangan robot, siapa sangka atom bisa bertahan lawan zeus sampe 5 ronde, udah jatuh berkali-kali tetap bisa bangkit dan bertarung lagi.meskipun atom cuma robot dia dah nunjukin semangat pantang menyerah.
kita sebagai manusia juga seharusnya pantang nyerah dalam menghadapi masalah yang besar, bukannya malah lari. gunakan segala akal sehat dan tenaga tuk menghadapi masalah ditambah berdoa.
2. Mental Baja
Padahal Atom cuma robot latihan tapi Max Kenton tetap bersikukuh kalo atom bisa digunakan sebagai robot petarung, dan akhirnya dari pertarungan ke pertarungan membawa atom pada laga melawan zeus, si robot terkuat dan tak gentar melawan zeus malah awalnya max menantang zeus untuk tanding.
kita jangan dulu minder dengan kemampuan yang kita miliki usaha dulu yang sungguh2, karena kesuksesan gak dateng begitu aja. dengan usaha yang benar dan dibarengi doa, yakin deh tujuan kita tercapai. yakinlah dengan kemampuanmu dan tinggiin kePeDean mu, tapi juga jangan terlalu pede.
3. Dengarkan suara-suara yang mendukungmu
Sama seperti yang ke satu, atom berkali-kali jatuh ketika melawan zeus. tapi dia bisa bangkit karena bantuan moral dari Max dan Charlie Kenton, yang terus meneriakan untuk bangkit,, sekali lagi, padahal atom cuma robot. jangan pernah sekali-kali mengacuhkan, suara2 yang mendukungmu,, karena motivasi dari yang dekat dan kita sayang adalah pembakar semangat no wahid. dan perlu diingat kamu engga sendiri didunia ini.

Kelebihan dan Kekurangan
Meski bagian terbaik dari film ini adalah ceritanya, namun kualitas grafisnya pun tidak kalah bagusnya. Gerak robotnya sangat terlihat seperti asli. Cinematografinya keren, akting Hugh Jackman dan Dakota pun seperti tak ada duanya. Mereka benar-benar terlihat seperti ayah dan anak yang sesungguhnya. Untuk kekurangannya, mungkin hanya seputar detail cerita tentang gambaran ibu kandung Max, dan kenapa Charlie sampa tega meninggalkan Max. Tapi itu sama sekali tidak mempengaruhi jalannya cerita pada film real steel. Saya hanya penasaran saja dengan cerita tentang ibu kandung Max. Selebihnya anda bisa nonton sendiri.
Sumber:
http://nextforsunrise.blogspot.co.id/2012/06/sinopsis-film-real-steel.html
https://gumimedia.wordpress.com/2014/11/09/review-film-2011-real-steel-baja-terkuat-yang-sesungguhnya